engineer harus tau, PERBANDINGAN antara Bantalan Luncur dan Bantalan Gelinding.

CORETANKIDALL.COM
gambar : Bantalan Luncur
Artikel kali saya mencoba mereview tentang perbedaan antara bantalan luncur dengan bantalan gelinding yang kedua sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari di pabrik.
A.Perbandingan antara bantalan luncur dan bantalan gelinding.
         Bantalan luncur mampu menumpu poros berputaran tinggi dengan beban besar. bantalan ini sederhana konstruksinya dan dapat dibuat serta dipasang dengan mudah. karena gesekannya yang besar pada waktu mulai jalan bantalan luncur memerlukan momen awal yang besar. pelumasan pada bantalan ini tidak begitu sederhana.  panas yang timbul dari gesekan yang besar, terutama pada beban besar, memerlukan pendinginan khusus. Sekalipun demikian karena adanya lapisan pelumas, bantalan ini dapat meredam tumbukan dan getaran sehingga hampir tidak bersuara. Tingkat ketelitian yang diperlukan tidak setinggi bantalan merinding sehingga dapat lebih murah.
gambar : Bantalan Gelinding

        Bantalan gelinding pada umumnya lebih cocok untuk ke beban kecil daripada bantalan luncur, tergantung pada bentuk elemen gelindingnya. Putaran pada bantalan ini dibatasi oleh gaya sentrifugal yang timbul pada elemen gelinding tersebut. Karena konstruksinya yang sukar dan ketelitiannya yang tinggi, maka bantalan gelinding hanya dapat dibuat oleh pabrik-pabrik tertentu saja. Adapun harganya pada umumnya lebih mahal daripada bantalan luncur. Untuk menekan biaya pembuatan serta memudahkan pemakaian bantalan gelinding diproduksikan Menurut standar dalam pelbagai ukuran dan bentuk. Keunggulan bantalan ini adalah pada gesekannya yang sangat rendah. Pelumasannya pun sangat sederhana, cukup dengan gemuk, bahkan pada macam yang memakai sil sendiri perlu pelumasan lagi. Meskipun ketelitiannya sangat tinggi namun karena adanya gerakan elemen gelinding dan sangkar, pada putaran tinggi bantalan ini agak gaduh dibandingkan dengan bantalan luncur.
     Pada waktu memilih bantalan, ciri masing-masing harus dipertimbangkan sesuai dengan pemakaian, lokasi, dan macam beban yang akan dialami.
B.Klasifikasi bantalan luncur.
       Bantalan luncur dapat diklasifikasikan menurut beberapa cara :
Menurut bentuk dan letak bagian poros yang ditumpu bantalan yaitu bagian yang disebut jurnal bantalan ini dapat diklasifikasikan Adapun macam-macamnya adalah sebagai berikut :
1. Bantalan Radial yang dapat berbentuk silinder belahan silinder elips dan lain-lain
 2. bantalan aksial yang dapat berbentuk engsel kerah Michel dan lain-lain
3.bantalan khusus yang berbentuk bola dan lain-lain.
     Menurut pemakaiannya terdapat bantalan untuk penggunaan umum, bantalan poros engkol, bantalan utama mesin perkakas, bantalan roda kereta api lain-lain.
Dalam teknik otomobil bantalan luncur dapat berupa bus, bantalan logam sinter dan bantalan plastik.
C. Bahan untuk bantalan luncur
bahan untuk bantalan luncur harus memenuhi persyaratan berikut :
1. Mempunyai kekuatan cukup (tahan beban dan kelelahan)
2. Dapat menyesuaikan diri terhadap benturan poros yang tidak terlalu besar atau terhadap perubahan               bentuk yang kecil.
3.Mempunyai sifat anti las (tidak dapat menempel) terhadap poros tidak terjadi kontak dan gesekan antara      logam dan logam
4. Sangat tahan karat
5.Cukup tahan Aus
6. Dapat membenamkan kotoran atau debu kecil yang terkurung di dalam bantalan
7. Murah harganya
8. Tidak terlalu terpengaruh oleh temperatur dalam praktek bahan yang mempunyai semua sifat di atas jarang     terdapat.

Sekian pembahasan saya tentang topik diatas, semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Belum ada Komentar untuk "engineer harus tau, PERBANDINGAN antara Bantalan Luncur dan Bantalan Gelinding."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel